Cara Memperlakukan Teman

kemarin pas saya mau potong rambut, saya ketemu temen SD dulu di jalan, terus saya senyumin dan dia keliatan kegirangan banget (siapa...


kemarin pas saya mau potong rambut, saya ketemu temen SD dulu di jalan, terus saya senyumin dan dia keliatan kegirangan banget (siapa yang tahan disenyumin laki-laki seperti saya #HALAH). Ceritanya saya udah sampe di tempat pangkas rambut langganan, pas saya lagi asik nunggu sambil ngelamun, ada 2 orang cewek dateng, pas mereka lagi jalan ke pintu, saya udah ngira-ngira kalo salah satu dari mereka adalah temen SMP saya karena wajahnya familiar banget. Dan ternyata emang iya, ya otomatis lah saya langsung nyapa sambil senyumin dia. Eh tapi dia malah ngabalieur (=memalingkan wajah) sambil melenggang di depan saya tanpa melirik pun ke arah saya. Kenapa ya dia ? malu ? males ? atau emang saya salah orang ? enggak mungkin deh, karena saya tau persis dan inget wajah temen-temen saya. Atau dia lupa ingatan ? mungkin juga sih.


Padahal tuh ya, dia itu temen deket + sekelas adek saya waktu SMP yang sekaligus pasti jadi temen baik saya pula (FYI, saya dan adek saya mulai sekolahnya barengan, jadi dari kelas 1 SD sampai 3 SMA kita selalu sekelas). Saya sering banget main ke rumahnya, kerja kelompok, dan lain-lain deh. Intinya kita emang kenal banget.

Saya jadi mikir akhirnya, kenapa dia gitu ? apa dulu dia pernah sakit hati gitu sama saya atau dari dulu emang gak suka tapi karena dia temen adek saya jadi terpaksa temenan sama saya. Semua mungkin-mungkin aja. Sebelum tidur saya tiba-tiba teringat masa-masa lalu, apa saya dulu suka kasar sama temen ya sampe ada orang yang kaya tadi ? apa dulu saya suka bikin sakit hati orang-orang ya ? saya suka bentak-bentak temen gak ya ? karena saya yakin ingatan orang-orang tentang kita akan lebih tajam dibanding ingatan kita terhadap diri sendiri. Jadilah malam itu saya memohon ampun dan berjanji akan berusaha memperlakukan teman dengan lebih baik lagi. Akhirnya, biar hubungan pertemanan (bukan friendzone yak !) lebih baik lagi, malah harus bisa sampai kita-kita udah tua, kita harus bisa seperti ini.

Ber-attitude baik. Termasuk bersikap ramah, jangan bercanda terlalu berlebihan, bisa dipercaya jangan suka bentak-bentak dan marah- marah, jadi pendengar dan pembicara yang baik. Segimanapun lagi keselnya kita, atau lagi banyak masalahnya kita, perlakuan kita ke temen harus lah sebaik mungkin. Karena siapa lagi yang akan menanggung keluh kesah kita, curhatan kita selain temen (disamping Tuhan dan orang tua). Ya kan ? 

Jangan suka pilih-pilih. Maksudnya jangan pilih-pilih disini adalah jangan suka memandang status sosial maupun status fisik (?). Terima temen apa adanya.

Harus pemaaf dan mampu memaafkan. Yang namanya manusia lah ya gak akan luput dari kekurangan. Saling memaafkan atas kesalahan yang diperbuat, disengaja maupun tidak sengaja. Jangan ngerasa diri enggak punya salah, belum tentu di mata temen kita, kita enggak salah.

Saling mengerti. Seperti kata salah satu filsuf, Seneca namanya, “One of the most beautiful qualities of true friendship is to understand and to be understood.”
Yah semoga kita selalu jadi teman yang baik, manusia yang baik bagi manusia lainnya, seonggok daging yang tidak busuk untuk seonggok daging lainnya (?). Finally, tulisan ini ditutup dengan quotes yang epic dari Muhammad Ali, “Friendship is the hardest thing in the world to explain. It’s not something you learn in school. But if you haven’t learned the meaning of friendship, you really haven’t learned anything.”

Sumber:

Sumber Gambar : disini

You Might Also Like

8 comments

  1. Lorde - Ribs

    dan lagu itu memang menunjukkan sebuah arti pertemanan, ibarat tulang rusuk, saling bahu membahu menutupi paru-paru, kita kadang bisa 'freaking out' kalo kehilangan sahabat, subhanallah

    ReplyDelete
  2. teman yang baik adalah yang selalu mengingatkan dan mengajak pada kebaikan. Biar tidak merugi.

    ReplyDelete
  3. Point paling penting kayaknya emang jangan pilih2 teman, jangan jadi fake friends. K? :')

    ReplyDelete
  4. gue juga sering nemuin temen kayak gitu. malesin. hih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih malesin, tapi mungkin mereka juga pas ketemu kita suka bilang "ih ada dia, malesin"

      Delete