5 Hal yang bikin tambah Cinta sama Bandung

Judulnya asa karagok euy. Tapi ya sudah lah. Sebagai orang “asli” Bandung, sudah semestinya saya mencintai tanah yang dari bayi sampa...


Judulnya asa karagok euy. Tapi ya sudah lah.

Sebagai orang “asli” Bandung, sudah semestinya saya mencintai tanah yang dari bayi sampai sekarang saya berpijak di atasnya. Meskipun saya lahir, saur kang Arip Abdurahman (@arifabdurahman) mah di “Bandung Coret”, tapi tetep da Bandung mah ngan aya hiji, ya Bandung aja. Hidup di Bandung selama 20 tahun, bikin saya enggak mau pindah kemana-mana. Pernah Abi (bapak) saya akan dipindahkan dines-nya ke daerah Sumatera, tapi nolak, karena keluarga kita udah cinta bandung banget sih. 

Kadang-kadang saya kesel ke urang Bandung, bukannya saya merasa so benar dan telah bener-bener berbakti (halah) sama Bandung ya, tapi kenapa malah urang Bandung nya sendiri bikin Bandung not-deserve-to-be-called Bandung again. Lah iya, seenaknya buang-buang sampah dimana aja. Tapi ya kalo udah cinta bisa apalagi. 

Semakin kesini semakin resep aja sama Bandung, setiap ke luar kota bawaannya pengen cepet-cepet balik lagi ke Bandung. Kangen suasananya, kangen cuacanya, kangen harumnya, dan kangen kesundaannya. Kalo ngomongin Bandung saya suka excited sendiri. Nah, berikut ini adalah hal-hal yang bikin saya tambah cinta ke Bandung.

1. Kulinernya


Urang Bandung kalo soal makanan atau minuman udah deh lah, segala dibikin. Dari yang biasa kaya Batagor, Surabi, Bajigur, Cireng, Seblak, sampai yang dimodif kaya batagor Keju, Surabi isi ice Cream Strwaberry, Cireng yang bisa dipilih isinya (ada sosis, oncom, ayam, rendang), Seblak ceker, ah pokoknya banyaaaak pisan. Sekarang makanan khas Bandung emang udah nyebar ke kota-kota lain di Indonesia, tapi gak akan afdol kalo enggak nyoba di Bandung nya sendiri.

Enggak kaci kalo kamu pergi atau Cuma ngelewat Bandung kalo belum nyobain makanannya. 

2. Bahasanya


Bahasa Sunda. Menurut saya pribadi bahasa Sunda itu enak banget kalo dipake marah-marah sama kukulutus (artinya apa ya ? lebih ke ‘ngedumel’ kali ya). Kalo ke luar jawa barat nih, suka cape kalo nanya-nanya pake Bahasa Indonesia terus, mau ngomong bahasa sunda banyak yang gak ngerti, ya akhirnya kangen ke Bandung yang orang-orang pada ngerti kalo kita ngomong bahasa sunda.

Tapi sayang sih, zaman sekarang makin banyak orang tua Bandung yang ngajarin anaknya dari kecil Bahasa Indonesia, padahal menurut saya Bahasa Indonesia gampang, kita belajar di sekolah pun udah pasti bisa, coba kalo bahasa sunda, bahasa sunda itu lumayan sulit loh, ada undak usuk nya. Nah yang bikin saya kagum ya itu, bahasa sunda banyak banget kosakata nya, beragam deh pokoknya. Tapi sesulit apapun kosakata nya kalo gak dipelajari ya gak akan bisa ! ayo dong urang Bandung kita diajar !

3. PERSIB-nya


Bukan orang Bandung namanya kalo enggak cinta PERSIB, cinta Bandung berarti cinta PERSIB. Hidup PERSIB

4. Angkotnya


Ini kalo saya jalan-jalan ke pusat kota, gak pernah nih pake motor sendiri, pokoknya saya harus naik angkot. Dengan naik angkot saya semakin tau nama jalan-jalan yang ada di Bandung. Semakin tau juga daerah-daerah yang belum terjamah (halah). Selain itu untuk mengurangi polusi dari kendaraan pribadi ya naiklah angkot. 

5. Ridwan Kamil-nya


Sebelum kang emil jadi walikota udah cinta Bandung, pas beliau jadi Walikota Bandung tambah cinta. Apalagi beliau bikin inovasi-inovasi keren dan bagus buat kota Bandung. Yang dulunya kurang taman kota sekarang dibanyakin, ada free wifi nya juga lagi. Yang Bandung dulu macet karena PKL sekarang udah bersih. Ada acara-acara culinary night. Ada juga nih rangkaian program-program kayak #SeninGratis, #SelasaTanpaRokok, #ReboNyunda, #KamisInggris yang bikin Bandung jadi tambah rame. Belum lagi proyek-proyek jangka panjang yang sedang, akan, dan telah terlaksanan. Wah pokoknya Bandung dibagus-bagusin deh sama Papa-nya Bandung ini.

***

Kalo dijabarkan lebih lanjut, banyak deh hal-hal di Bandung yang bikin saya suka. Terlebih lagi sekarang Bandung sedang berbenah. Selain pemerintah yang membenahi, kita juga sebagai warga Bandung harus berbenah juga dong, bisa mulai dengan jangan membuang sampah sembarangan, taati peraturan lalu-lintasnya, jangan rusak sarana-sarana umum, hal-hal kecil gitu juga cukup kok. Biar Bandung kita makin juara ! Hidup Bandung !

You Might Also Like

9 comments

  1. Walaupun belum pernah kesana, tapi sering merasakan sensasinya kalau punya teman dari sana huehehe.

    Btw, ada lagi loh. 6.Orangnya. Ga cowo, ga cewe, duh duh sedap dipandang. :3

    ReplyDelete
  2. kalo gua kepincut sama bandung itu karena cewek-ceweknya, entah kenapa cewek bandung punya nilai tersendiri di mata gua, alus aja gitu dari cara ngomongnya. ngomong nya aja alus, apa lagi yg laen nya haha, gua rasa harus ditambahin tuh cewek-cewek nya, ga perlu takut buat nambahin yang kayak gini, dijamin pada setuju kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ITU MAH ATUH UDAH PASTI, JADI GAK USAH DITULIS LAGI~~~

      Delete
  3. Ridwan Kamil-nya yang bikin kangen. Haha. Sistem pemerintahan dan pembenahan Bandung yang sekarang itu makin keren. Love Bandung pisan!

    ReplyDelete
  4. 1. Kalau beli makanan ada embel-embel 'Bandung' di kota lain mah ya, rasanya teh beda, sedih pisan :(
    2. Iya resep pisan lah basa sunda!! Dari kecil sebenernya aku teh nggak bisa basa sunda tapi alhamdulillah pesantrennya di Sumedang sama Tasik jadi bisa :'3
    4. Apalagi sekarang mah ada angkot bersubsidi yang kekinian abis (padahal mah belom pernah naik)

    ReplyDelete