Udah Gede mau jadi apa ?

Halo. Mmmh, dulu waktu saya masih kecil, saya punya cita-cita ingin jadi Dokter. Standar lah, cita-cita pasaran anak-anak. Terus Um...


Halo.

Mmmh, dulu waktu saya masih kecil, saya punya cita-cita ingin jadi Dokter. Standar lah, cita-cita pasaran anak-anak. Terus Umi saya bilang, kalo mau jadi dokter, jangan takut sama mayat. Karena saya menganggap semua jenis mayat identik dengan pocong, jadilah nyali saya ciut, dan mengalihkan cita-cita jadi psikiater. Ketika mengungkapkan bahwa saya ingin jadi psikiater ke teman-teman, mereka bilang, psikiater itu orang yang suka ngurus orang gila. Saya percaya, bodoh. Hilanglah keinginan untuk jadi psikiater. 

Pas zaman SMP saya lagi seneng-senengnya gambar tuh. Beli buku gambar gede, isinya gambar anime semua. Dari mulai buku pelajaran sampe tembok kamar pun digambarin semua. Bawaannya happy banget kalo lagi ngegambar, kalo gambarnya udah jadi, saya liat-liat lagi, diliat dari deket, diliat dari jauh, terus gambarnya ditatap, terus senyum-senyum sendiri. Jadilah saya ingin jadi animator (pokoknya yang kerjaannya gambar anime, animator atau illustrator ? sama aja kan yah ?), ngebanyangin kerjanya gambar-gambar, terus dipilemin gitu, ah seneng deh. 

Akhirnya saya lama-lama lupa juga keinginan buat jadi animator. Karena waktu SMA, saya suka banget pelajaran matematika. Akhirnya ingin jadi Guru Matematika. Alesannya standar, karena guru matematika saya waktu itu baik. Saya semangat belajar, sampai nilai Rapor untuk pelajaran matematika dapet 95, sampe kelas tiga belum pernah dapet nilai dibawah 85. Saya belajar terus, berdoa, supaya bisa jadi guru matematika. Cita-cita yang ini pokoknya udah fix deh, kayaknya udah yakin kalo jadi orang yang mengajar matematika pasti menyenangkan, pasti cocok deh dan bakal jadi PNS pula. Setelah lulus, saya ikut SMPTN ngambil jurusan pilihan 1 Pendidikan Matematika UPI, pilihan 2 Matematika UNPAD, dan pilihan 3 Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati. Eh gak lulus semuanya, seketika saya down, enggak punya semangat lagi, emang bukan rezeki saya. 

Lalu saya dikasih pilihan sama orang tua mau tetep ngambil jurusan matematika tapi ke univ swasta, atau ikut SMPTN 1 tahun lagi. Males ah, saat itu saya udah gak peduli mau kuliah atau enggak, udah gede nanti mau jadi apa juga terserah lah, udah nyerah sama ngejar impian, bodo amat deh. 

***

Tiba-tiba, saya udah kuliah aja di kampus saya sekarang. Awalnya sih pelampiasan karena gak masuk negeri, tapi ya lama-lama saya belajar mengikhlaskan. Jalani aja kuliah sekarang walaupun bukan jurusan kemauan saya. Universitas saya yang sekarang itu bergerak (halah) di bidang per-koperasi-an, jadinya semua jurusan berhubungan dengan ekonomi dengan embel-embel manajemen dibelakangnya. Eh ternyata banyak juga mata kuliah yang ada itung-itungannya, Matematika Ekonomi, Pengantar Akuntansi, Akuntansi Biaya, Lembaga Keuangan, sampe yang paling belibet (katanya) Perpajakan. Sekarang saya belum penjurusan karena semua mata kuliah yang diambil dari semester 1-4 itu sama. Tapi ada niat buat pilih Manajemen Sumber Daya Manusia, gatau kenapa saya tertarik namanya aja.

***

Kata dosen wali saya, bercita-cita itu bukan hanya sekedar ingin berprofesi sesuai yang kamu inginkan dan untuk diri kamu sendiri, tapi juga harus bercita-cita untuk orang lain.

Kata-kata itu menusuk ke otak (lebay), saya mikir mikir mikir, jadi harusnya kita menentukan ‘nanti mau jadi apa’ itu kaya gimana ? berdasarkan hal yang kita suka ? berdasarkan bidang yang kita tekuni ? atau gimana nanti dan terserah Tuhan ? setelah mikir mikir mikir mikir mikir mikir lagi, akhirnya saya memutuskan, saya ingin bercita-cita bukan hanya untuk memenuhi keegoisan saya sendiri, dan mementingkan diri sendir, enggak mau bercita-cita pedah nantinya bakalan jadi PNS, enggak mau bercita-cita jadi orang yang harus nerima uang yang banyak. Pokoknya harus gitu.

Terus cita-cita saya sekarang apa ? Jadi Dosen. Membangun Koperasi yang sifat produknya bukan hanya homogen. Udah. Yang penting enggak egois. Semoga, Amin. 

You Might Also Like

16 comments

  1. Saya dari kecil suka menggambar, jadi kalo ditanya mau jadi apa, jawabnya "Seniman". Trus pas SMP saya hobi sama Matematika, jadi pengen jadi Dosen Matematika. Trus pas SMA saya suka hal berbau Psikologi. Tapi Psikologi kan IPS yah, jadi kepikiran buat jadi Psikiater juga, masuk fakultas kedokteran. Tapi saya nggak suka Biologi (?). Sekarang saya pengen masuk FSRD ITB~ Trus jadi animator dan bikin film kayak anime gitu (?)

    Btw, semoga cita-citanya tercapai ya~ Yang penting bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah sama banget itu cita-citanya hehe
      makasih makasih, kamu juga deh :)

      Delete
  2. eloh mah gitu ah, life not always about to be success in carreer.

    ReplyDelete
  3. Cita-citaku jg berubah, tp skrg lebih pgn jadi dokter spe. anak. :')

    Semoga cita2nya bisa terkabul, kak! Amin.

    ReplyDelete
  4. bagus-bagus, nanti kalo kalo saya udah punya anak, cek kesehatannya sama kamu :D

    amin amin. kamu juga, dek ! ;)

    ReplyDelete
  5. wah cita cita saya apa ya ... ? gak taulah bang .. nanti gue pikirkan *mikir
    ngomong ngomong kalo Ummi itu Mnya dua bang *Itusih kata guru agama saya bang

    Salam Tamfan
    adamhasnan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. bytheway tamfan itu ditulisnya tampan kakak *itu juga kata guru b.indonesia saya kak

      Delete
  6. Iya bikin wan koperasi yg kayak minimarket gitu. Dulu pernah ikut ekskul koperasi mahasiswa, ada materi tentang ginian.
    Kalau butuh modal, saya investornya weh. Lokasinya sebelahan aja deket klinik kesehatan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke ya, kita kerja sama nanti. hunting tempat yang strategis buat usaha kita, sip.

      Delete
  7. Ih keren, singkat, padat, langsing, tapi luas manfaatnya. Kalo cita - cita saya sih, semoga dianggap berguna untuk orang - orang sekitar. Dilihat pekerjaannya, saya kepingin wirausaha yang gak ribet dengan jam kerja hihihi

    Semoga cita - cita kita tercapai, berdoa mulai!

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak usah masuk pagi terus pulang sore ya haha

      Delete
  8. bikin lah koperasi simpan pinjam. nanti kau yang menyimpan uang, aku yang minjam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus uangnya, kasih lagi ke saya sebagai bayaran atas uang yang kamu pinjam. yakali.

      Delete
  9. Lebih jleb gue yang baca artikel ini kak :(

    ReplyDelete