My 20 Favorite Movies

Saya hobi menonton film. Banyak film yang sudah saya tonton, banyak yang jadi favorit, banyak juga yang hanya selintas dalam hati (hala...


Saya hobi menonton film. Banyak film yang sudah saya tonton, banyak yang jadi favorit, banyak juga yang hanya selintas dalam hati (halah). Bagi saya, menentukan film yang paling paling paling favorit itu sangat susah, karena itu tadi, banyak film yang saya suka. Penilaian (subjektif) saya dalam memasukan film ke dalam list favorit adalah apabila ketika saya menonton film tersebut, satu, saya tidak pernah menengok jam sekali pun, dua, jika saya sudah senyum-senyum sendiri, tiga, ketika tiba-tiba ‘eh kok pipi saya basah sih’, empat, saya terbawa alur film, terakhir, film tersebut akhirnya longlast dalam fikiran saya, dan tidak pernah bosan ditonton berapa kali pun. Film seperti itu yang saya sebut film ‘bagus’, subjektif memang. 

Dan kali ini saya akan memberikan 20 film yang menjadi favorit saya, yang tentunya penilaian nya seperti tadi, subjektif sekali. Jadi apabila ada film dengan banyak penghargaan dan rating tinggi tidak masuk list saya, itu bukan karena film nya tidak bagus, tapi karena ya penilaian saya sangat subjektif. Oh ya, karena banyaknya film yang belum saya tonton, jadi mungkin list ini akan berubah sewaktu-waktu. Oke, Here’s the list ! :) 

(urutannya random, no 1 bukan berarti terfavorit)

1. Spirited Away



Film paling favorit dari Ghibli. Saya terbawa alur petualangan Chihiro untuk menyelamatkan orang tuanya. Ada saat dimana kita dibawa tertawa, tersenyum, dan simpatik pada Chiriro. Film ini meyankinkan saya betapa saya menyukai film animasi Jepang.

2. Stranger On A Train



Siapa yang tidak ‘gila’ mendengar dengan ide gila dari ‘orang gila’ yang baru saja kita temui dalam sebuah kereta. Memang film ini kurang terkenal bila dibanding dengan Psycho, Rear Window, atau North by Northwest, tapi sah sah saja bila Stranger On A train disebut sebagai film terbaik Alfred Hitchcock.

3. Life of Pi



Butuh 4x menonton di bioskop plus 3 kali di Laptop untuk mengerti apa maksud yang terkandung dalam film ini. Cerita luar biasa ditambah sinematografi luar biasa menjadikan saya susah melupakan film ini. Saya dibuat tersenyum-senyum kecil di awal-awal film, simpatik di pertengahan dan kebingungan di akhir film. Kita pun serta merta seperti mengalami dan merasakan apa yang Pi rasakan. Salah satu film pencarian Tuhan paling luar biasa. Saya terlalu berlebihan ? tapi memang begitu keadannya.

4. 500 Days of Summer



Yang membuat film terasa menyenangkan bisa dilihat dari cara penyampaian narasi nya, itu yang dipunyai film ini. Film percintaan lucu dengan cast yang lucu pula, ah saya jatuh cinta pada Zooey.

5. Mean Girls



Film tentang kehidupan remaja di sekolah memang tidak ­boleh dilewatkan. Film ketika Lindsay Lohan masih gadis baik dan ‘tidak macam-macam’ ini memang menjadi pioneer untuk film-film permasalan remaja sekarang, dan tidak salah jika saya menyebutkan bahwa film ini memorable.

6. Lake Mungo



Film horror Australia yang pertama kali membuat saya tengok kiri kanan ketika ke kamar mandi di malam hari. Jika anda sudah merasa takut oleh Paranormal Activity, coba anda tonton film ini. Segala sesuatu dibuat senyata mungkin, dan kita tidak akan menyangka apa yang akan terjadi dari menit ke menit.

7. Toy Story 3



Penutup franchise Toy Story ini dibuat epic sekali, indah, menyenangkan sekaligus menyedihkan. Perpisahan yang bahagia malah membuat kita terharu.

8. The Help


Tidak pernah bosan saya menonton film ini. Topik seberat rasisme dibuat sederhana dan mudah dicerna. Diadaptasi dari novel berjudul sama, film ini begitu menyentuh, ketika warna kulit masih menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan, pahit ketika mengetahui dahulu kesetaraan adalah hal yang tidak bisa didapatkan seperti sekarang ini. Saya suka akting semua cast-nya. 

9. 12 Angry Man



12 orang ditempatkan dalam satu ruangan memutuskan seseorang akan mendapatkan hukuman atau malah sebaliknya, banyak intrik dan perbedaan pendapat. Saya kira dengan hanya mengambil suasana dalam satu ruangan akan menjadi film yang membosankan, apalagi seluruh adegan hanya dialog antar 12 orang saja. Tapi saya salah, ternyata film ini menyenangkan untuk ditonton, saya tidak ingin melewatkan sepatah kata pun apa yang mereka katakana.

10. Shaun of The Dead



Film awal dari Trilogy Cornetto nya Edgar Wright. Menampilkan akting kocak dari Simon Pegg dan Nick Frost, sebuah kejadian yang harusnya ditakuti malah ‘dikomedikan’. Membuat saya tertawa lepas dan tidak membosankan untuk ditonton sampai sekarang. Jika saya sedang tidak ingin menonton film tema berat, dan malah ingin melepaskan tawa, saya pasti menonton Shaun Of The Dead, apalagi jika dilanjutkan dengan menonton Hot Fuzz dan The World’s End. I Love Pegg and Frost.

11. Hachiko : A Dog’s Tale



Film pertama yang membuat pipi saya tiba-tiba basah, apalagi mengingat momen-momen yang telah Hachi lewati, terenyuh hati saya ketika melihatnya. Dan ketika apa yang ditakutkan terjadi, membuncahlah air mata saya. Walaupun saya sudah mengetahui cerita asli sebelumnya, tapi tidak akan mengurangi kepedihan saat menontonnya. 

12. Sinister



Film horror kedua favorit saya. Momen paling menyeramkan adalah ketika semua misteri telah terkuak, dan sosok bertopeng yang terus mengganggu saya selama film berlangsung. Tidak pernah saya membayangkan akan dihantui rasa takut pada sosok bertopeng misterius hingga berhari-hari.

13. Sunny



Persahabatan sejati memang tidak akan lekang dimakan waktu, dan seberapa pun kita mempunyai masalah dengan sahabat kita semua pasti akan saling memaafkan. Itulah yang film ini ingin sampaikan. Menyenangkan melihat film ini menyita perhatian saya.

14. Harry Potter and The Sorcerer's Stone



Petualangan pertama dari serial Harry Potter. Film pertama ini pula lah yang membuat saya berimajinasi ingin menjadi penyihir dan bersekolah di Hogwarts.

15. Charlie and The Chocolates Factory



Film paling favorit dari semua film-nya Tim Burton, sutradara favorit saya. Tidak lupa pula hadirnya Johnny Depp yang membuat film ini menyenangkan.

16. Gone Girl



Sebelumnya saya pernah menonton filmnya David Fincher, The Girl With The Dragon Tattoo dan Zodiac. Tapi bila ditanya film mana yang paling saya suka, ya Gone Girl ini. 30 menit awal saya bertanya-tanya sebenarnya dimana si Girl yang Gone ini berada, kemana perginya, kenapa seperti ini, seperti itu, banyak sekali pertanyaan, tapi setelah babak penentuan, akhirnya saya berteriak GILAAAAA. Sepanjang film saya dibuat tidak berkutik dengan tebakan-tebakan yang saya lontarkan, mempunyai atmosfir ketegangan yang intens membuat film ini menjadi film memorable favorit saya.

17. Departures



Memandang kematian sebagai sesuatu yang sakral, proses awal menuju kehidupan yang selanjutnya. Film ini memperlihatkan kematian dengan cara yang indah, dihadirkan pula sinematografi yang indah, menjadikan film ini sukses membuat saya tertarik.

18. Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street



Siapa bilang horror slash and gore tidak bisa dipadukan dengan adegan nyanyian ? film ini mebuktikan bahwa pernyataan tadi tidak selalu salah. Lagi lagi Burton menarik perhatian saya. Atmosfir kelam dan gelam sepanjang film semakin menambah kesenangan saya menonton.

19. Wadja


Sederhana. Seorang anak kecil perempuan menginginkan sebuah sepeda agar bisa bermain dengan teman laki-lakinya. Tapi yang menjadi masalah adalah anak kecil bernama Wadja ini tinggal di Saudi Arabia, Negara dengan peraturan syar’i yang ketat. Menyenangkan melihat bagaimana kondisi di Arab yang tidak banyak diketahui lewat sebuah film sederhana dan menyenangkan.

20. Boyhood


Menyenangkan melihat bagaimana kita dipertontonkan kehidupan dari seorang manusia dari kecil hingga menginjak usia dewasa. Bagaimana kita diperlihatkan masalah-masalah yang membuat seseorang lebih kuat dari sebelumnya, masalah kehidupan dan keluarga yang harus di lewati. Boyhood, film yang di buat selama 12 tahun ini menarik perhatian saya. Akting bagus dari seluruh cast, dan cerita yang terjalin sederhana tetapi menyenangkan.


You Might Also Like

15 comments

  1. suka banget sama Gone Girl, film dengan twist yang berserakan di mana-mana. nebak gini, eh ternyata begitu. nebak gitu, eh ternyata begini. keren banget film ini, film yang bikin penasaran sekaligus kalah, kalah karena selalu salah menebak.

    Selain Gone Girl, dari ke-20 film di atas, yang udah aku tonton dan menjadi favorit yaitu Life of Pi, Toys Story 3, dan Charlie and the Chocolate Factory. :)

    ReplyDelete
  2. Yaaa, Gone Girl memang bagus :) bikin degdegan juga.

    ReplyDelete
  3. yang udah pernah ditonton hachiko sama toy storynya. Yang lainnya bisa jadi rekomendasi nih (kecuali film horrornya) Gak kuat nonton yang horror dan ngagetin :D

    ReplyDelete
  4. trilogy cornetto <3

    ReplyDelete
  5. Life Of Pi itu keren menurut gua. Banyak banget nilai moral yang bisa diambil cuma dari sebuah film. Alur filmnya berasa nyata dan acktingnya juga pas. Ampe nangis gua nontonnya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, filmnya bagus :) akting nya juga bagus, apalagi si Richard Parker.

      Delete
  6. Paling ga suka film horror, kecuali kalau zombie mah suka.
    Dua yg paling disuka: Spirited Away sama 500 DOS.

    ReplyDelete
  7. hidup Life Of Pi!! :))
    Benar-benar pencarian Tuhan yang luar biasa

    ReplyDelete
  8. Shaun of the dead tuh film zombie paling kocak yang pernah gw liat. oh ya pas banget blog gw ini ngereview Film/drama dateng yak siapa tau bisa tukar pendapat. Liat aja Di Profil :)

    ReplyDelete
  9. Pengkategorian 'bagus'-nya sama! xD
    Sunny lucu banget tuh ih! Jarang ada yang nonton padahal bagus, ya. Jadi mengingatkan kita juga kalau hidup nggak selamanya di atas, atau selamanya di bawah.
    Kalau saya suka banget Hello Ghost karena alur-nya nggak ketebak banget bikin kesel!! (tapi gemes) Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka Hello Ghost juga, di awal film ketawa-ketiwi pas endingnya bikin nangis.

      Delete