Nyasar. Kesasar. Losing way.

Saya ini orangnya memang kadang suka absent-minded (lebih ke sering sih hehe), jadinya kalau apa-apa suka malaweung, bahasa indonesia n...



Saya ini orangnya memang kadang suka absent-minded (lebih ke sering sih hehe), jadinya kalau apa-apa suka malaweung, bahasa indonesia nya mah bengong. Setiap akan dan sedang melakukan sesuatu pasti diselingi bengong, khususnya kalau lagi pergi-pergian. Naik kendaraan maupun jalan kaki pasti kaya gitu. Alhasil saya suka nyasar. Main ke tempat yang baru pertama dikunjungi pasti harus nyasar dulu. Sedih.

Misalnya waktu mau pertama kali ketemuan sama temen-temen dari komunitas di Bandung, waktu itu ke Taman Jomblo. Saya rumah di Jatinangor, naik travel yang pas kebetulan banget berhenti nya di Mall deket taman itu. Lah karena kebanyakan bengong sepanjang jalan, dan tiba-tiba aja penumpang lain pada turun, saya pun ikutan turun. Eh ternyata tempatnya masih jauh, masih 7 km lagi dari tempat saya turun.

Terus, pengalaman yang parah itu waktu saya pulang dari rumah Uwak di daerah Setiabudi mau ke Balubur. Saya jalan sambil ngelamun, terus tiba-tiba sudah ada di tempat yang ga diketahui. Saya muter-muter, dan loh kok saya seperti ada di tengah hutan gitu (Bukan tengah hutan sih, terlalu berlebihan). Saya ada di jalan raya satu arah yang sepi sekali, dan di sebelah kiri-kanan ada benteng dan pohon-pohon tinggi, tidak ada orang lagi. Mana handphone mati. Shock kan, lari-lari lah saya, sampai tiba-tiba dikagetkan oleh bunyi klakson yang Alhamdulillah sekali, sumbernya dari angkot. Pas masuk angkot, penumpang lain melihat ke arah saya. Terus ibu-ibu nanya “adek kenapa malem-malem ada di daerah ini ?”. Saya jawab, saya tadi mau pulang tapi malah kesasar. Sampai sekarang saya tidak tau apa nama daerah itu.

Yang paling paling paling parah itu, waktu saya mau ke rumah sepupu di daerah Dago. Malah kesasar jauh banget ke dago atas, nyari angkot sudah tidak ada karena sudah malam sekali. Saya telpon kakak, Ummi + Abi saya, teman-teman lain buat nanya jalan. Keluarga sudah ribut sendiri, mau jemput katanya (dari jatinangor ke dago, masa iya). Teman-teman juga bantu nyari cara. Saya Nyari taksi, lama nunggu ga ada yang lewat. Nyari ojek pun tidak ada pangkalan ojek. Nyaris sekali mau nangis (lah) tapi tiba-tiba disamperin bapak-bapak, nanya kenapa. Saya jawab jujur, saya kesasar. Eh, Bapak itu menawarkan mengantar saya gratis ke rumah sepupu, awalnya sih ga percaya. Tapi saya harus bagaimana lagi ? tapi ternyata bapak itu baik baik baik sekali, dan memang niat membantu. Diantarkanlah saya sampai ke depan gerbang rumah sepupu saya. Malu sendiri karena sudah suudzon duluan. Dan malu juga sudah merepotkan semua orang. 

Nah, setelah mengalami kejadian seperti itu, jadinya diperjalanan saya meminimalkan kegiatan bengong (halah, menimimalkan). Jadi banyak baca-baca surat pendek, baca komik atau buku, dan meminimalkan juga memainkan hanphone. Kenapa ? karena kalau kejadian yang tidak diinginkan mendadak datang, ya seperti kesasar tadi. Setidaknya saya bisa menghubungi orang-orang untuk mengetahui keberadaan saya, atau malah membantu saya. Kan jika handphone lowbatt, kita tidak bisa berbuat apa-apa.
halaman awal web angkot.tiBandung.com




Selain itu saya juga jadi rajin buka web angkot.tibandung.com sebelum bepergian, jadi tau kalo mau ke daerah Bandung harus naik angkot apa, turun dimana, dan jalurnya lewat mana. Cara pencariannya pun cepat dan mudah sekali, tinggal kita ketikan dari jalan apa ke jalan apa. Misalkan kita dari Jl. Dipatiukur nih, mau ke Jl. Merdeka. Atau dari Jl. Dago ke Jl. Braga. Hasil dari web pencarian ini hanya bisa keluar jika kita menginputkan nama jalan, jadi tidak bisa jika kita mau mencari angkot dari nama tempat, gedung, atau landmark yang terkenal di Bandung. 

 
Nah kalau kita mau mencari angkot dari nama tempat, gedung atau landmark, bisa melalui aplikasi android Angkot Bandung yang bisa kita install dari Play Store. Kita bisa tau angkot apa yang harus kita naiki jika kita mau pergi kemana. Misal dari Bandung Electronic Center ke Taman Lansia. Tapi kekurangannya aplikasi ini adalah kita hanya akan diberikan saran angkot dari tempat kita membuka aplikasi ini, dengan kata lain mendeteksi perangkat kita melalui GPS dan memberikan saran dari tempat kita berada sekarang. Jadi kita ga bisa prepare. Ciee prepare. Dengan adanya web dan aplikasi ini saya jadi kebantu banget.

Oh ya, masalah angkot-angkotan, saya juga tidak pernah lupa menanyakan pada teman saya Duta Angkot Bandung, RN, yang sudah melanglangbuana di dunia perangkotan, sebelum pergi-pergian ke Bandung kota. Satu lagi, saya sebenarnya malu jika harus bertanya sama orang-orang, pas lagi tersesat. Takut dikira, masa orang Bandung ga tau jalan-jalan Bandung dan sekitarnya. Tapi setelah banyak kesasar, saya ubah mindset saya, ngapain malu jika memang keadaan sedang genting. Ngapain malu jika akhirnya saya nanti kesasar lagi kesasar lagi jika tidak bertanya. Yah mending kesasarnya barengan sama teman, lah ini sering-seringnya malah sendirian. Semoga deh kedepannya saya ga sering kesasar lagi ya. Huehehe

Gambar : 
Screenshoot Aplikasi Angkot Bandung sebagian dari Ririz, bukan karena malas meng-capture, tapi karena saat saya membuat postingan ini, saya tidak sedang di Bandung.

You Might Also Like

2 comments

  1. Memang kalau zaman sekarang mah susah ngebedain mana yg niatnya tulus sama modus. Suudzon harus, waspada perlu.
    Kalau pengalaman unik ngangkot gara-gara bengong ya pas salah ngebedain antara Leuwipanjang-Soreang sama Leuwipanjang-Cimahi, Dulu habis cape-capenya pulang ospek dari Jatinangor, turun Damri langsung masuk angkot, ga liat tulisannya, untuk keburu sadar sebelum nyampe Cimahi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah juga kaya gitu, harusnya naik dago-st.hall malah dago-kalapa.

      Delete