Ketemu Sodaranya Kyuhyun

Jadi ceritanya gini, sabtu sama minggu tanggal 14 dan 15 Juni kemarin, saya beserta temen-temen asisten lab diminta sama salah satu ...




Jadi ceritanya gini, sabtu sama minggu tanggal 14 dan 15 Juni kemarin, saya beserta temen-temen asisten lab diminta sama salah satu dosen buat ngebantuin acara tes EPS (Employment Permit System) – Topic to Korea, yang tes nya diselenggarain di kampus saya, yaitu tes kecakapan berbahasa Korea untuk WNI yang ingin bekerja di Korea. Acaranya ini diselanggarakan oleh BNP2TKI yang bekerja sama dengan Pemerintah Korea, mencari tenaga kerja di Indonesia untuk dipekerjakan di bidang manufaktur atau kelautan. Pesertanya berasal dari seluruh daerah di Jawa Barat dan pusat pendaftarannya ya di kampus saya. Ada sekitar 8000-an peserta yang mendaftar dan ikut tes tanggal 14 15 kemarin.


Kebayang kan 8000 orang, panitianya harus banyak banget. Maka dari itu mahasiswa pun ikut dilibatkan.

Seperti yang saya bilang tadi, tes ini untuk menilai kecakapan berbahasa korea pendaftar. Ada dua sesi tes, yang pertama reading dan yang kedua listening. Kedua sesi tes disatukan dalam satu waktu yang lamanya 70 menit, sebentar banget kan ? tapi ya yang nyelenggarainnya korea ya segalanya harus serba sempurna, terarah, dan tertib.

Kita, panitia dan pengawas tes dari kalangan dosen, staff kampus, mahasiswa, dan karyawan BNP2TKI harus dateng jam 7 pagi, padahal tes nya mulai jam 10.00. Setelah semua kumpul jam 7, kita di-briefing sama orang koreanya langsung, dengan bahasa Indonesia yang terbata-terbata dia yang kita panggil Mr. Kim dengan semangat menjelaskan rules dan step-step (yang belibet dan bener-bener tertib, dan must perfect, dan lama banget pengaplikasiannya) yang harus kita lakukan.

Jadi kita dibagi jadi 3 kelompok, yang pertama Proctor yaitu yang ngawas peserta tes. Kedua Committee yang dibagi-bagi jadi beberapa seksi, lieur lah pokona mah. Lalu ada security. Nah, saya kebagian di kelompok Committee, seksi Bell Keeper (hehe), yang tugasnya cuma mencet-mencet bel kalo ujiannya mau dimulai, ganti sesi tes, dan kalo waktu tes udah abis. Lah saya yang dapet bagian paling santai diantara semua seksi yang lain. Dasar orang Korea pada disiplin jadinya jam 8 saya haruss udah siap di meja bell, alaaah bosen nya.

Setengah jam sebelum tes nya dimulai, ada bapak-bapak korea nyamperin saya, dia pake bahasa isyarat sambil nunjuk-nunjuk jam dan kertas yang tulisannya 10.00. Oooh, jadi saya harus menyalakan bel pas pukul sepuluh. Lalu saya bilang “yes, Mr.”, akhirnya dengan wajah lega dia ngomong pake bahasa inggris juga hehe. Akhirnya dia menjelaskan aturan seterusnya dan seterusnya dan seterusnya.

Bapak Korea itu nanya (karena tempat bel nya ada di perpustakaan), “what is the Perrrpustekaaan in English ?” ya saya jawab library, lucu banget deh pokoknya. Karena sehari ada 2x tes, maka si bapak-bapak tadi pasti dateng tiap bel nya mau dinyalain, akhirnya kita jadi sering ngobrol-ngobrol. Si bapaknya lucu, nanya-nanya pake bahasa inggris tapi aksen korea nya kentel, jadinya kata Bali jadi Pali, Airplane jadi Airsssplane. Si bapak juga banyak nanya tentang sejarah Kampus saya, sejarah Indonesia, cuaca di Indonesia, islam, sampe nanya kenapa orang dewasa di Indonesia sudah pada beruban, yah ngobrol ngaler ngidul deh sambil ketawa-ketawa.

Hari minggu nya, saya dan si appa ini jadi semakin akrab, sampe-sampe saya nanya-nanya soal Girls Generation, dan bilang kalo saya suka sama Taeyeon hehe, eh si bapaknya ngerti K-Pop ternyata. Pas udah beres tes pagi, saya nanya siapa nama bapak itu, terus dia jawab Cho Jung Hwan. Lalu saya diajak jalan bareng ke Headquarter-nya Staff Korea, eh di sana saya dikasih donat, buavita, sama hokben oleh si bapak. Terus dia kasih saya kartu nama nya, dan seketika……………………………………………. Anjir ternyata dia Direktur dari Korea Immigration Service Foundation, dan wakil ketua pelaksana EPS Topik ini. Wah saya langsung lemes, gila aja kan saya nanya-nanya + ngobrol-ngobrol sama dia dengan santai nya dan dengan tenses yang amburadul. Pantesan saat kita jalan bareng, orang-orang dari BNP2TKI pada ngelirik-lirik saya. Pas tes siang, Mr. Cho dateng lagi dan seperti biasa nanya-nanya, saya jawab dengan bibir gemeteran dan keringet basah.

Beda lagi waktu saya ngobrol sama mahasiswa Korea dari kampus sebelah, mereka masih muda-muda dan ajegile style-nya, kita orang-orang Indonesia udah dandan rapi dengan pake batik, lah mereka pake kaos oblong aja sama celana jeans, dasar. Liat wajah mereka jadi keinget sama Kangin.

Di akhir acara, kita semua pada makan-makan, ngobrol-ngobrol bareng terus foto-foto bareng, lalu kita salam-salaman, lucunya orang Indonesia malah bilang “ghamshamnida” dan orang koreanya pada bilang “terima kasih”. Wah pengalaman seru deh pokoknya. Pas itu, Mr. Cho bilang, "if you'll go to Korea, call me. i've give you my ID card".



Kata dosen saya, tahun depan Insya Allah, kalo masih dipercaya, kampus saya akan jadi tempat tes lagi. Lah pokoknya saya harus belajar speaking bener-bener, biar gak malu-maluin lagi kaya kemarin. Geer. Kaya yang bakal diajakin lagi.

You Might Also Like

12 comments

  1. Wah kebayang banget pasti seru tuh itu ngobrol-ngobrolnya. Ngobrol sama stranger itu emang asik kalo udah nyambung.

    Keren euy lah udah punya channel sama orang korea. Kenalkeun atuh haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget, ya walaupun sama bapak-bapak hehe

      mau dikenalin kok sama bapak-bapak -__-

      Delete
  2. Wih seru nih pasti apalagi kalo pande bahasa korea :v
    gue cuma tau Annyeong haseyo! :v

    ReplyDelete
  3. Ih gila, seru tuh.-.

    Ajak aku kak! Ajak aku! (?)

    ReplyDelete
  4. korea? mana cewek korea yg suka dance di youtube itu? kok engga ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang cewek-cewek muda mah pada sombong, diajakin ngobrol juga senyumnya sinis -___-

      Delete
  5. wehh Seru pisan bg...gue jadi pengen punya pengalaman kaya lu ...hobby bgt gue ngmong sma stranger...btw header lu adem bener bg..tau aja gue yg hujan lovers wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. i hope you feel what i feel too deh hehe

      oh ya ? sama dong. makasih :D

      Delete
  6. Wah enak tuh kalo udah punya kenalan orang sana, jadi kalo mau kesana bakal ada yang nyambut ><

    ReplyDelete