Idol Generasi Baru Industri K-Pop

Untuk mempertahankan jenis atau spesiesnya, suatu individu organisme harus melakukan reproduksi. Ada saatnya kemampuan metabolisme dan...



Untuk mempertahankan jenis atau spesiesnya, suatu individu organisme harus melakukan reproduksi. Ada saatnya kemampuan metabolisme dan daya adaptasi tidak memadai lagi untuk mempertahankan diri, karena itu agar spesies bisa bertahan hidup jauh lebih lama dari umur hidup individu organisme, setiap individu harus menghasilkan individu baru sebelum dia mati. Bila menganalogikan industri K-pop sebagai spesies atau sekelompok organisme dan agensi idol grup adalah individu dalam spesiesnya, maka proses reproduksi penting demi menjaga keberlangsungan hidup dan aktivitas industri K-pop itu sendiri.


Dalam kegiatan ekonomi, “hasil reproduksi“ disebut sebagai produk baru. Bagi industri K-Pop, pembuatan produk baru berarti mendebutkan idol baru. Pembuatan produk baru (mendebutkan idol baru) erat hubungannya dengan daur hidup produk (tulisan saya mengenai Product Life Cycle: disini). Ada dua hal yang berkaitan dengan konsep daur hidup yang membantu menjelaskan mengapa mendebutkan idol baru sangat penting.

Pertama, setiap idol yang ada di agensi pada akhirnya akan menurun popularitasnya, karena pangsa pasar dan strategi segmentasi pasar membuat konsumen jenuh. Kedua, keuntungan agensi pada akhirnya akan menurun karena usia produk (idol) semakin menua, jika tidak di regenererasi maka alur aktivitas agensi tidak akan berjalan. 

Dimulai tahun 2014, industri K-Pop melancarkan agendanya dalam menyebarkan virus hallyu dengan mendebutkan idol-idol grup baru, khusunya idol grup perempuan. Para girlgroup yang debut antara 2014 sampai sekarang ini diberi titel New Generation of K-Pop Girlgroup, menggantikan sunbaenim-nya yang telah debut antara 2007 – 2013  seperti SNSD, Wonder Girls, 2NE1, f(x), T-ara, SISTAR, A-pink dan lain-lain. Saya sebagai fans militan K-Pop membuat list beberapa girlgroup generasi baru yang menarik atensi saya. Bukan hanya pintar menari menggunakan rok mini, tapi juga pintar mempermainkan hati saya yang plinplan. 

In alphabetical order: 

1.     BLACKPINK



Berada dibawah manajemen YG, grup yang baru saja debut ini beranggotakan Jisoo, Jennie Kim, Rose, dan Lisa. Para member berasal dari Korea Selatan, New Zealand, Australia, dan Thailand. Disebut-sebut sebagai penerus 2NE1 karena mengusung warna musik yang serupa. Bias pertama saya Jisoo, bias kedua antara Jennie dan Rose.

2.     GFRIEND



Mengusung konsep power innocent, Gfriend popular lewat fancam Me Gustas tu yang sempat viral di internet. Formasi member terdiri Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB, dan Umji. Selalu membawakan gerakan dance yang rumit, powerfull, dan ‘rapi’ dalam setiap comeback, sampai dinobatkan sebagai Queen of Synchronization  oleh netizen. Gfriend ini adalah girlgroup generasi baru favorit saya setelah Red Velvet. Bias saya SinB, suka karena selain memberikan Jessica Jung‘s vibe juga cocok untuk dijadikan gfriend?

3.     I.O.I



Terbentuk dari reality show Produce 101, I.O.I merupakan girlgroup 11 member dengan latar belakang agensi yang berbeda. Member terdiri dari Nayoung, Chung-ha, Sejeong, Chaeyeon, Pinky, Sohye, Yeonjung, Yoojung, Kang Mina, Doyeon, dan Somi. Sebenarnya I.O.I ini adalah temporarily group yang rencananya hanya akan debut untuk 10 bulan, jadi sebagian member telah debut di grup lain. Member favorit saya jelaslah Sejeong, lucu.

4.     LOVELYZ

 
Saya mulai suka Lovelyz setelah menonton mereka menyanyi acapella. Sayangnya mereka belum mendapat perhatian dari k-netizen, walaupun memiliki jumlah anggota fancafe yang banyak. Girlgroup dengan member Baby Soul, Jiae, Jisoo, Mijoo, Kei, Jin, Sujeong, dan Yein ini debut di bawah Wollim. Saya paling suka lagu Destiny, dan bias saya Kei.

5.     MAMAMOO



Seorang netizen menyebut MAMAMOO sebagai girlgroup dengan semua membernya adalah Beyonce. Ini dikarenakan grup yang terdiri dari Solar, Moonbyul, Wheein, dan Hwasa ini semuanya pintar menyanyi, dimana rata-rata girlgroup K-Pop tidak semua anggotanya bisa bernyanyi. Grup selain Wonder Girls yang cocok dengan konsep retro. Bias saya di sini Solar, Siapa sih yang tidak suka Solar?

6.     OH MY GIRL



Waktu scrolling beranda YouTube, saya tidak sengaja menemukan video girlgroup yang menari menggunakan roller blade (yang ternyata hanya sepatu biasa), yang sekarang saya tahu adalah OH MY GIRL ini. Saya mulai mencari tahu lebih banyak tentang OMG setelah Jonghyun SHINee menyebut mereka di salah satu wawancara, dan langsung suka setelah menonton Windy day. Untuk bias dari 8 member yaitu Hyojung, JinE, Mimi, YooA, Seunghee, Jiho, Binnie, dan Arin, saya masih bingung pilih antara Arin atau Jiho.

7.     RED VELVET



Paling favorit di antara semua girlgroup generasi baru. Selain karena saya SM stan, alasan lain saya suka Red Velvet karena mereka punya konsep 2 sisi, yaitu RED yang cerah (Happiness, Ice Cream Cake, Dumb Dumb) dan VELVET yang klasik (Be Natural, Automatic, One Of These Nights). Grup yang terdiri dari Irene, Seulgi, Wendy, dan Yeri ini sudah mendapat banyak notice baik dari netizen maupun media luar Korea Selatan. Salah satu girlgroup yang setiap lagu di albumnya saya sukai selain SNSD dan f(x). Semua bias aing, tapi ultimate bias tetep Joy. Happiness!

8.     TWICE


Grup yang sedang mendapat atensi besar ini terdiri dari 9 member, yaitu Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyeong, Tzuyu. Terbentuk dari reality show SIXTEEN buatan JYP. Walaupun Sana dengan shashasha menarik hati, tapi bias saya selalu Nayeon.

*****

Menilik pada pengkategorian produk oleh William J. Stanton, ada Innovative Product, yaitu produk yang benar-benar unik, sebagai perluasan atau pembaruan lini produk yang telah ada. New Generation of K-Pop Girlgroup ini diharapkan menjadi “hasil reproduksi” yang unik, segar, dan berbeda dari pendahulunya. Sehingga nantinya akan memberikan spektrum baru bagi industri K-Pop. Satu hal, walaupun banyak “produk baru“ tapi bagi saya pribadi tetap jigeumeun So Nyeo Shi Dae, apeurodo So Nyeo Shi Dae, yeongwonhi So Nyeo Shi Dae.


Bonus:
 

You Might Also Like

3 comments

  1. Itu bukan produk baru. Semuanya sama. Mereka hanya kebetulan tumbuh dan muncul saksama ketika orang lama dengan bersama-sama jatuh melara

    ReplyDelete
  2. Daftar apaan ga ada Cosmic Girls?
    Tapi gara-gara denger lagu ending Inuyasha, sekarang malah jadi suka-sukanya lagi sama Boa, sunbaenim dari sunbaenim.

    ReplyDelete