Tim Burton, Sutradara Nyeleneh dan Eksentrik

Siapa yang masih ingat film Sleepy Hollow? Waktu kecil saya pernah menontonnya, dulu Headless Horseman sebegitu menakutkannya sampai bi...


Siapa yang masih ingat film Sleepy Hollow? Waktu kecil saya pernah menontonnya, dulu Headless Horseman sebegitu menakutkannya sampai bikin saya takut ke kamar mandi malam-malam. Lalu ada film Mars Attack yang saya tonton di TV, filmnya lucu dan saya suka. Kemudian saya ingat pernah menonton James and The Giant Peach, dan lagi-lagi saya suka. Dulu tidak pernah mau tau film-film di atas siapa yang buat, yang penting filmnya bagus dan saya suka, jadi saya telat mengetahui ada sutradara keren seperti Tim Burton, ya ketiga film di atas dibuat oleh Tim Burton, sutradara asal California, US.

Barulah setelah menonton Charlie and The Chocolate Factory saya mulai mengenal dan mencari tahu siapa Burton ini. Ketika melihat list film garapan Burton, ternyata saya sudah hampir menonton semua filmnya, dan kebanyakan memang bagus dan saya suka.

Tim Burton dikenal sebagai sutradara yang sebagian besar filmya bertema gelap, horror, tetapi eksentrik dan penuh komedi. Dulunya ia bekerja di perusahaan Disney, tapi karena ‘selera’ Disney tidak cocok pada Burton yang terlalu horror, akhirnya ia dipecat. Style burton memang unik, cenderung nyeleneh, bisa dilihat dari sebagian filmnya yang banyak mengusung kematian, bangkit dari kematian, maupun balas dendam. Jadi meskipun yang dibuat adalah film animasi, jelas bukanlah tontonan anak-anak.

Tetapi tidak semua filmnya bernuansa gelap, uniknya Burton itu, setiap membuat film jika memang mengusung dark atau horror maka film tersebut akan sepenuhnya bernuansa kelam, tetapi jika filmnya bernuansa cerah, maka film tersebut sepenuhnya akan ‘berwarna’ (pengecualian untuk film Dark Shadow). Oh ya, dan tidak lupa sepelintir komedi dan sentilannya.

Jika kita membahas Tim Burton, tidak lengkap rasanya jika tidak keluar nama Johnny Depp. Rekan kerja sekaligus sahabatnya ini memang selalu wara-wiri di sebagian filmnya. Jelas mereka sangat cocok, sama-sama eksentrik. Simbiosis mutualisme pun terjalin. Oh dan  jangan lupakan Helena Bonham Carter. Bisa dibilang Depp dan Bonham Carter adalah pasangan favorit Burton.
  

Burton terhitung banyak membuat film, dan hampir semua filmnya saya sukai. Tapi dari semuanya, 6 film dibawah ini jadi yang paling favorit:

1. Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street

Film berunsur horror, balas dendam, dan fully gore dipadukan dengan broadway. Mayat dan darah, percintaan anak muda, serta madness, semua disajikan dengan penuh nyanyian indah, tapi tetap beraura gelap dan mencekam. Salah satu film terbaik Burton, dan film yang paling saya suka.

2. Frankenweenie

Bercerita tentang seorang anak yang berusaha menghidupkan kembali anjingnya yang mati tertabrak. Sebelum dirilis kembali sebagai sebuah film animasi, dulu Frankenweenie adalah  live-action yang dibuat Burton, tetapi tidak dipublikasikan karena menurut Disney, film ini terlalu menakutkan buat anak-anak.

3. Charlie and The Chocolate Factory

Film Burton paling berwarna dan penuh imajinasi. Saya menyukai image baru Willy Wonka yang dibawakan oleh Depp disini, sedikit ‘gila’ dan bermasa lalu kelam.

4. Edward Scissorhands

Dari film inilah awal dimulainya kerja sama antara Burton dan Johnny Depp. Sebelum Edward jatuh ke tangan Depp, banyak list artis yang tadinya akan memerankan Edward, seperti Tom Cruise, Robert Downey Jr, bahkan Tom Hanks.

5. Corpse Bride

Berkisah tentang seorang pria yang tanpa sengaja harus menikahi wanita yang sudah mati. Film animasi bergaya khas Burton. Untuk pengisi suara masih mengandalkan aktor kesayangannya Depp, dan juga Helena.

6. Big Fish

Bittersweet drama, mengisahkan hubungan antara ayah dan anak. Salah satu film Burton yang manis dan penuh warna.

Sebenarnya, beberapa tahun ke belakang, saya sudah tidak melihat ada sesuatu yang baru dari film-film Tim Burton, contohnya saja Dark Shadow, memang ada Depp dan memang punya kesan “Tim Burton Banget”, tetapi ceritanya terasa hambar karena memiliki premis yang sedikit mirip dengan Sweeney Todd. Begitupun film terbarunya Big Eyes, andaikata yang membuat bukanlah Tim Burton, maka saya berani berkata bahwa film ini biasa saja, tapi jelas gaya visualnya sangat Burton-esque. Well, saya masih suka film yang sebelum-sebelumnya karena setelah ditonton beberapa kali pun, saya tidak bosan. Meskipun begitu, Tim Burton masih menjadi kandidat kuat sutradara favorit saya setelah Alfred Hitchcock dan David Fincher.


Source:

You Might Also Like

9 comments

  1. unik yah yg dikerjain sama dia, gue sih lebih suka nonton selain tema horor dan dark, karena emang gue ngerasa didoktrin untuk takut keluar ntar waktu malem. haha nonton dunia lain aja gue rame-rame. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Burton itu gak horor-horor amat kok, ngga ada adegan yang bikin jantungan, palingan berdarah-darah doang, itu juga cuman di film Sweeney sama Sleepy Hollow.

      Delete
  2. Kalau buat film surealis sih, lebih suka Michel Gondry ketimbang si Burton. Yg pasti suka sama quote Tim Burton, "Anybody with artistic ambitions is always trying to reconnect with the way they saw things as a child."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gondry juga suka heuheu, apalagi yang ESOTSM, dia itu bikin filmnya aneh-aneh tapi nyenengin.

      Delete
  3. Semua film'a belum pernah saya tonton :D

    ReplyDelete
  4. Wih.. sutradara favorit saya tuh *toss* dari kecil ampe sekarang masih seneng rewatch film2nya die..
    Tim Burton emang keren abis! Tiap filmnya pasti punya ke khasan sendiri yang gak dipunya sama sutradara lain. Tapi yang paling seru menurut saya itu Big Fish, bagus banget itu filmnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah samaan, nyentrik emang si Burton mah. Big Fish emang bagus sih.

      Delete
  5. Gue kurang hobi nonton film, tapi sekalinya suka, maka jadinya suka banget XD

    Keenam film yang disebutkan di atas mungkin bisa jadi referensi bagi gue untuk nonton salah satu hasil karya Tim Burton ini :D

    ReplyDelete