13 Must-see Horror Films (of The 21st Centuries)

Saya orang yang penakut dan sudah jelas gampang ditakut-takuti, jadi ngga mau sama sekali nonton film-film horror atau sejenisnya, k...



Saya orang yang penakut dan sudah jelas gampang ditakut-takuti, jadi ngga mau sama sekali nonton film-film horror atau sejenisnya, karena setelahnya aka nada efek buruk. Seperti ngga berani ke kamar mandi sendiri, gelisah sebelum tidur, ngga bisa tidur sendirian, bahkan jam 5 subuh pun masih takut ke kamar mandi dan harus ditemani mama.

Semakin kesini, saya (yang ngakunya) penikmat film sering sekali menonton film-film horror. Ketegangan dan ketakutan saat menontonnya terkadang memberikan adiksi pada saya. maka, meskipun udah tau kalau setelahnya saya akan lirik-lirik depan belakang kalau ke kamar mandi malam-malam, saya tetap menikmati filmnya dan kecanduan. 

Ada berbagai macam sensasi yang muncul ketika menonton film horror. Ngeri ketika dihantui oleh makhluk halus or something, jijik dan mual melihat darah atau bagian tubuh manusia terpotong-potong, bahkan gelisah karena terjebak eksplorasi psikologis si aktor. 

Banyak sekali film dari tahun 2000 sampai sekarang yang sukses membuat saya teriak-teriak, terlonjak dari kursi, sampai mengorbankan harga diri karena tutup mata dan muka karena ngga siap untuk dikagetkan atau sekedar bergidik.

Dan dari kira-kira 40 film, saya harus menyortirnya menjadi 13 judul. Tentu bukanlah hal yang mudah karena banyak sekali judul yang labeli “favorit“. Mengingat list ini bersifat personal dan subjektif, maka akan banyak film underrated yang tidak masuk list ini (sebel ya? Sok penting haha).

1. Kill List (2001)


Awalnya saya menganggap film ini hanya film kriminal biasa. Tapi semua anggapan saya dijungkir balikan, di pertengahan film sampai terakhir, saya dibuat mual dan kebingungan. Atmosfir kelam yang dibangun sedari awal menambahkan kesan gelap dan menegangkan. Just like a nightmare. Dari film ini saya mulai terbuka kalau film horror tidak melulu harus tentang makhluk halus yang bergentayangan meminta balas dendam.

2. We Are What We Are (2013)


Banyak yang saya dapatkan dari film ini, tradisi, kepercayaan, budaya patriarki, satir. Dan satu lagi, rasa mual yang berkepanjangan, apalagi saat scene makan malam keluarga. Oh ya, jangan makan saat nonton film ini!

3. Pan’s Labyrinth (2006) & The Devil’s Backbone (2001)


Curang ya? Saya ngga bisa menentukan film mana di antara dua ini yang lebih difavoritkan. So, karena keduanya disutradari Guillermo Del Toro maka saya gabungkan menjadi 1 poin. Sebenarnya menonton kedua film ini, seakan berjalan di dunia antah berantah yang gelap dan kelam dengan banyak makhluk-makhluk menyeramkan.

4. Pocong 2 (2006)


Saya selalu takut pada makhluk satu ini, bahkan saat menulis ini pun saya harus lirik-lirik jendela kamar. Lupakan film pertamanya yang biasa saja, tonton film ini, dan siap-siap menahan buang air kecil pas malam hari.

5. Ju-On (2002)


Ah, setelah menonton film ini, untuk beberapa malam setelahnya saya selalu memeriksa bawah ranjang sebelum benar-benar bisa tidur. Sigh, children are creepy.

6. A Tale of Two Sisters (2003)


Diambil dari urban legend, A Tale of Two Sisters punya atmosfir yang menegangkan sepanjang film. Gangguan makhluk halus, ibu tiri jahat, ayah yang selalu murung, rumah yang gelap, oh such a classic formulas. Saya sampai berteriak kaget ketika momen-momen kejutan datang.

7. Lake Mungo (2008)


Lewat film ini kita akan diajak mewawancarai setiap orang yang berhubungan dengan kematian seorang remaja perempuan. Dengan gaya found-footage, kita pun diajak menyusuri satu demi satu kenyataan yang tersembunyi dibalik kejadian mengerikan itu. Dan kita ‘dipaksa’ seolah-olah bahwa ini adalah kejadian nyata. Scene setelah credit title adalah pamungkasnya, jadi jangan beranjak!

8. The Mist (2007)


Frank Darabont, yang sukses dengan The Shawshank Redemption, kembali mengadaptasi fiksi karya Stephen King, The Mist. Ada konflik, ada serangan monster mematikan, ada ketegangan intens, dan paling penting, ada plot twist. Apa lagi yang harus saya sebutkan?

9. The Others (2001)


Original horror, dan beri tepuk tangan untuk Nicole Kidman! Ketika mereka siap untuk meninggalkan rumah itu, surprise! 

10. Let The Right One in (2008)


Ada film yang sebelum ditonton, kita sudah punya gambaran bahwa film tersebut akan menarik. inilah yang dimiliki Let The Right One in. Menceritakan hubungan seorang anak laki-laki dengan gadis kecil misterius. Atmosfir dingin dan cekam membuat saya merasa kedinginan.

11. Cabin in The Woods (2012)


Kala menonton film ini, saya merasa tersegarkan. Karena film-film sebelumnya masih menggunakan formula yang biasa, yang membuat saya bosan, wanita sexy dan pria tampan mati duluan, sisanya wanita baik-baik yang bertahan sampai terror berhenti. Cabin in The Wood memang masih menggunakan formula sejenis, tapi fresh dan, mengolok-olok, mungkin?

12. Unfriended (2015)


Saya terkejut betapa saya menikmati film ini, karena first impression saya biasa aja. Unfriended, mengatarkan kita pada percakapan antara remaja-remaja di media online Skype. Bermula dari kasus bullying sampai pembalasan dendam oleh sosok yang hanya muncul sekilas-sekilas. Dan serunya adalah semua scene diperlihatkan masih dalam Skype. Film yang cerdas.

13. The Conjuring (2013)


Hore The Conjuring! Old-fashioned haunted house. Klasik tapi menyeramkan sekaligus menyenangkan.

Arrrrgh, saya sebenarnya masih ingin memasukan banyak film, tapi biarlah sisanya menjadi honorable mention:

The Babadook, [REC], Shaun Of The Dead, The Orphanage, It Follows, You’re Next, Drag Me to The Hell, Housebound, Oculus, Spring, Frailty, Berberian Sound Studio, Trick r’ Treat, Sinister, Shutter Island, The Exorcism of Emily Rose

You Might Also Like

18 comments

  1. Selain zombie, jenis film horror lainnya itu tai. Ketika terpaksa diajak nonton bareng yg ginian, seringnya nutup mata pas sepanjang film. Maklum borangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. urang ge borangan rip. hayu atulah nonton, entar The Conjuring 2.

      Delete
    2. Tah nobar Conjuring pas SMA, nepi sieun rek wudhu di wc ge padahal.

      Delete
  2. Cuma baru nonton yang Unfriended karena ceritanya ga horror2 mistis gitu lebih ke thriller. Kalo yang lainnya ga shanggup deh, saya bukan pecinta horror hantu2an. Btw coba nonton Girlhouse ceritanya mirip2 Unfriended

    ReplyDelete
  3. A tale of two sister beneran ga nyangka ternyata si kakak yg selama ini suuzon ama tsntenya malah yg berkepribadian psyco...ah aku nonton ini seremmm, tp sinematografinya bagus ala ala vintage gitu, dan yang maen pun masih abg, sekarang kakak beradik itu udah gede

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha emang plot-nya twist, menipu. Moon Geun Young dulu lucu sekarang cantik.

      Delete
  4. Kalo aku sih was-was sendirian abis nonton film horrornya ga bertahan lama paling lama 5 jam-an.tapi during watchingnya itu loh, lagi nonton orang mah cuma takut-takut serem sampe teriak. Aku mah sampe guling guling kejer atau lari kelilingin ruangan. Suer dah x'))
    *makanya ga pernah nonton horror di bioskop*

    Tapi diantara yang aku udah tonton sih yang asik. . The babadook :b

    ReplyDelete
    Replies
    1. adek aku (8 tahun) yang emang doyan horror malah anteng anteng aja coba, orangorang pada heboh.

      The Babadook seruuu, tapi cuman bisa masuk honorable mention.

      Delete
  5. Aaaaak hooroooorrr..
    Bookmark dulu deh nanti diliatnya streaming, tapi nyari temen dulu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nonton sendiri aja, nanti juga ada yang nemenin kok, sebelahmu.

      Delete
  6. Nggausahlah nonton horror -_- ini aku hidup kadang pernah ngalamin momen horror sendiri -_- pernah denger suara nafas dikamar, padahal aku sendirian di kamar. Pernah liat pocong di jendela kamar. pernah ditempelin kuntilanak sama seorang temen yang punya 'pegangan' -_______- ampun deh kalau ditambah nonton2 horror -_-

    ReplyDelete
  7. jarang nonton film horor, sekalinya nonton jadi parno sendiri. Malahan kalo nggak nonton, jadi pemberaninya bukan main. Mungkin karena pengaruh nonton film horor juga, mental jadi lemah. :( pernah mimpi dipeluk bayangan hitam pas keluar dari WC, yang lucunya, itu bayangan hitam memang tinggal di rumah gue, dan dia suka bulak-balik kamar adik dan ruang tamu kata teman yang bisa melihat. SEBEL NGGAK SIH JADI TAHU BEGITU :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih kalo yang emang dasarnya parnoan mendingan ngga usah nonton horror segala macem.

      seriusan? ih serem. tapi kasusnya sama kayak sepupu aku, dia lagi tidur terus ada bayangan hitam gitu liatin di sebelah kasurnya, tapinya si sepupu aku mau bangun terus lari atau teriak malah ngga bisa :(

      Delete
  8. The rings juga wajib masuk dalam list horror films terbaik. Baik the rings satu maupun yang kedua. Ehm, selain itu ada juga SAW yang filmnya beh.. Gila habis! Hohoho\o/

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo jumlahnya ditambah jadi 25, mungkin The Rings sama SAW bisa masuk hehe

      Delete